Jamu Indonesia Sebagai Warisan Dunia Yang Banyak Manfaatnya

 Lestarilah Jamu Indonesia

Oke teman-teman kali ini saya akan membahas tentang “Jamu Sebagai Warisan Indonesia Yang Banyak Manfaatnya” Sudah tau belum apa itu jamu ?

Apa itu Jamu ?
Jamu adalah sebutan untuk obat tradisional dari Indonesia. Belakangan populer dengan sebutan herbal. Jamu dibuat dari bahan-bahan alami, berupa bagian dari tumbuhan seperti rimpang (akar-akaran), daun-daunan, kulit batang, dan buah. Ada juga menggunakan bahan dari tubuh hewan, seperti empedu kambing, empedu ular, atau tangkur buaya.Sudah tau kan apa itu jamu?.
Lalu apa hubunganya Jamu indonesia sebagai warisan dunia ?
Menurut kabar yang saya dengar lewat internet/tv Jamu asal Indonesia diusulkan untuk mendapat pengakuan dunia sebagai warisan budaya asli Tanah Air ke Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan (UNESCO).Kenapa bisa begitu? oke akan saya berikan beberapa ulasanya.
1.Di setiap daerah indonesia memiliki cara untuk meracik jamu sendiri-sendiri sehingga tingkat keragamannya sangat tinggi.
2.Jamu menunjukkan keberadaban bangsa kita karena setiap bangsa yang beradab pasti mempunyai jamu sehingga ini pantas untuk dijadikan warisan budaya dunia.
3.Jamu di indonesia sangat unggul akan manfaatnya dan bahan-bahanya pun sangat mudah ditemukan.
Nah sudah jelas kan kenapa jamu indonesia disebut sebagai warisan dunia.
Sekarang kita akan membahas beberapa manfaat yang kita bisa dapatkan dari jamu asal indonesia ini.

Jenis jenis jamu di indonesia ?
Jamu di indonesia sangat banyak sekali jenisnya karena disetiap daerah ada jamu yang jenis nya berbeda dan manfaatnya pun berbeda.Oke akan saya berikan beberapa jenis jamu yang ada di indonesia.
1.Jamu beras kencur.
2.Jamu cabe puyang.
3.Jamu kunyit.
4.Jamu pahitan.
5.Jamu sinom.
6.Jamu kudu laos.
7.Jamu kunci suruh dan masih banyak lagi lainya.

Apa Manfaat Jamu asal indonesia ?
Memang ada banyak sekali manfaat jamu asal indonesia ini oke sekarang saya akan memberikan beberapa manfaatnya :
1.Jamu bisa mengencangkan wajah.
2.Jamu bisa menghilangkan bekas luka.
3.Jamu bisa menyegarkan badan.
4.Jamu bisa menambah darah kita.
5.Jamu bisa meningkatkan stamina.
6.Jamu bisa mengobati masuk angin.
Nah itulah beberapa manfaatnya tetapi semua itu juga tergantung dengan jenis Jamu apa yang kita minum karena Jamu di indonesia ini sangat banyak dan manfaatnya pun juga berbeda-beda.

Apa bahan-bahan untuk meracik/membuat jamu?
Di indonesia ini sangat banyak sekali tanaman/rempah-rempah yang bisa menghasilkan jamu atau yan lebih populer disebut sebagai tanaman Biofarmaka apa itu tanaman Biofarmaka : Tanaman Biofarmaka adalah tanaman yang dibudidayakan secara intensif dan dapat dimanfaatkan/digunakan sebagai tanaman obat, baik manusia maupun untuk pengendalian hama/penyakit pada tanaman.Oke pasti pada nunggu kan apa saja yang bisa dijadikan dalam membuat jamu akan saya kasih beberapa contoh :
1.Buah : ciplukan, jeruk nipis, dan nyamplung atau kosambi.
2.Akar Tinggal :jahe, kunyit, lempuyang, lengkuas, temulawak DLL.
3.Daun : brotowali, sambaing darah, dan secang dan masih banyak lainya.
4.Biji : Adas, Ada juga beras tapi beras hanya dimanfaatkan/diambil airnya saja.
Sebenarnya masih banyak lagi lainya silahkan coba cari di google pasti akan tau banyak :).

Bagaimana cara membuat/Meracik jamu ?
Seperti kata saya diatas karena di indonesia banyak berbagai jenis jamu dan pasti cara membuat/meraciknya pun juga berbeda-beda.Kali ini saya akan memberikan beberapa cara meracik jamu yang mudah dan banyak manfaatnya saja.
1. Jamu beras kencur Cara membuatnya pun sederhana dan bahanya juga gampang ditemukan bahanya yaitu Beras dan kencur saja cara pengolahanya pun juga sederhana pertama beras disangan (disangrai) lalau ditumbuk halaus Bahan-bahan lain sesuai dengan komposisi racikan ditumbuk menggunakan lumpang dan alu besi atau batu. Kedua bahan ini kemudian dicampur, ditungkan air mendidih untuk mengambil sarinya diperas dan disaring dengan saringan atau diperas melalui kain pembungkus bahan. Selanjutnya dimasukkan ke dalam botol-botol aqua atau termos Mudah bukan?.Soal manfaatnya sendiri yaitu menghilangkan pegal-pegal dan juga meredakan batuk.
2.Jamu kunci suruh Cara membuatnya juga sederhana bahan-bahan jamu ini sesuai dengan namanya, yaitu Rimpang kunci dan daun Sirih dan cara mengolahnya juga mudah cukup rebus air sampai mendidih sesuai dengan kebutuhan masing-masing bahan-bahan sesuai dengan komposisi racikan ditumbuk secara kasar menggunakan lumpang dan alu besi atau batu atau diiris tipis-tipis (kunyit), diperas, disaring, dan dimasukkan ke dalam air matang yang sudah didinginkan. Selanjutnya, ditambahkan gula sesuai kebutuhan, sampai diperoleh rasa manis sesuai selera dengan cara dicicipi. Ramuan selanjutnya dimasukkan ke dalam botol-botol dan siap untuk disajikan.
Itulah beberapa cara meracik jamu di indonesia.

Kesimpulan tentang jamu : Jamu adalah warisan budaya Nusantara dan wujud kecerdasan serta kearifan lokal masyarakat Indonesia. Selain berperan dalam upaya keehatan untuk pemeliharaan kesehatan dan pengobatan, jamu juga masih memiliki berbagai fungsi. Seperti untuk kebugaran dan kecantikan.  Karenanya jamu patut terus dilestarikan dan dikembangkan.

Kenapa harus Dilestarikan ?
1.Dengan melestarikan jamu maka bisa meningkatkan kualitas hidup manusia Indoensia. Selain itu juga meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional!.
2.Dengan melestarikan jamu maka hal itu akan mendorong kemnadirian di bidang kesehatan dan mengurangi pembiayaan kesehatan!.
3.Dengan melestarikan jamu kita bisa menghargai warisan para leleuhur kita yang telah menemukan apa itu jamu dulu dan bisa membuat cikal bakal bangsa indonesia dimasa depan!.
Maka dari itulah Jamu di indonesia wajib untuk dilestarikan karena selain banyak manfaatnya kan juga sudah diakui dunia akan kehebatanya terkadang kita sering mengacuhkan soal jamu padahal jamu itu sangat bagus untuk kesehatan dan padahal banyak orang-orang penting (berpangkat) juga meminum jamu malah jamu juga sudah di cicipi oleh negara lain maka agar warisan jamu kita di (indonesia) ini agar tidak di tiru bangsa lain kita harus bisa melestarikan dan memanfatkannya.

#Biofarmaka IPB
Daftar Pustaka
http://biofarmaka.ipb.ac.id/brc-upt/brc-ukbb/bccs-collection
http://biofarmaka.ipb.ac.id/publication/journal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *