Bangkitlah Dunia Otomotif Indonesia

Dari tahun ketahun, industri otomotif di Indonesia sebenarnya boleh dikatakan memiliki progres yang cukup pesat. Dunia otomotif di Indonesia memang cukup berkembang akibat cukup terbukanya Indonesia pada perkembangan teknologi yang ada di luar. Meski pun hingga saati ni Indonesia lebih cenderung banyak melakukan impor kendaraan dari luar negeri, namun demikian pada kenyataannya hal tersebut mampu memberikan stimulasi dan dorongan yang bagus bagi generasi muda Indonesia untuk melakukan bermacam-macam improvisasi supaya bisa “menelurkan” kebutuhan transportasi menggunakan desain dan karya original anak bangsa. Kita semua mungkin masih ingat bagaimana mobil Esemka yang sempat populer beberapa tahun lalu. Hal ini membuktikan bahwa sebenarnya potensi anak bangsa untuk membangun dunia industri otomotif negeri ini cukup besar meski baru sebatas merakit, setidaknya ini menunjukkan adanya potensi.
Perkembangan teknologi membuat segalanya menjadi mudah. Berbagai macam kendaraan dengan teknologi terbaru hampir dengan mudah masuk ke pasaran otomotif Indonesia. Sebagai generasi muda yang cermat, sudah sepantasnya ini dijadikan sebagai kesempatan untuk mengembangkan ilmu dalam dunia otomotif untuk turut mengembangkan produk dalam negeri sendiri. Kita juga tahu bahwa persaingan ekonomi global akan semakin tinggi pada era kedepan. Saat nya mengubah siasat untuk menerapkan teknologi dari luar untuk mengembangkan teknologi otomotif di dalam negeri. Ini merupakan salah satu tantangan besar bagi negara Indonesia untuk bisa semakin eksis dengan produk-produk otomotif hasil karya sendiri.
Dukungan terhadap berbagai macam sistem tersebut agak nya juga perlu di perhatikan. Dunia otomotif  di Indonesia mungkin sempat heboh dengan kemunculan mobil listrik yang digadang-gadang akan menjadi cikal bakal bangkit nya industri otomotif dalam negeri. Adalah Ricky Elson yang sudah bertahun-tahun bekerja menempati posisi sebagai Kepala Divisi Penelitian danPengembanganTeknologi Permanen Magnet Motor dan Generator NIDEC Coorporation, Kyoto, Minamiku-kuzetonoshiro cho388, Jepang, diminta kembali ke negara Indonesia untuk membangun negeri ini dengan mengaplikasikan ilmu miliknya. Pada APEC  2013, dipamerkan oleh segenap pejabat Indonesia  akan hadir nya mobil listrik “made in” Indonesia buah karya dari Elson ini. Cukup membanggakan bukan?
Maju atau tidak nya industri otomotif di Indonesia ini bergantung dengan dukungan yang baik. Meski di awal tadi disebut kan perkembangan nya cukup pesat, untuk soal kecepatan teknolog iotomotif di  Indonesia mungkin belum bisa dikatakan cepat. Hal ini wajar karena bagaimana pun juga yang  masih terlihat dari dunia otomotif di Indonesia adalah penerapan teknologi dari luar yang kurang. Pabrik-pabrik otomotif di Indonesia baru berada pada level perakitan. Sebuah hal yang  besar bila nantinya  Indonesia mampu memproduksi inovasi teknologi sendiri pada dunia otomotif tersebut. Lagi-lagi, apresiasi dan dukungan sangat diperlukan supaya mimpi ini bisa terwujud.Sudah saatnya Indonesia berbenah diri dengan fokus pada pengembangan potensi yang  dimilikinya, dimana salah satunya ada pada dunia otomotif.
Mengapa kemajuan dan percepatan otomotif ini begitu penting bagi Indonesia? Adakah manfaat dan pengaruh yang  bisa dirasakan kemasyarakat secara langsung? Tentu saja sangat ada. Kita perhatikan saja bagaimana tingkat kemampuan masyarakat Indonesia untuk bisa memiliki kendaraan yang layak. Kebanyakan produk otomotif yang ada di Indonesia merupakan hasil impor. Ada banyak biaya tambahan  yang menyebabkan harga katakanlah mobil, menjadi semakin mahal dan tidak terjangkau. Adanya biaya tambahan dari harga mobil tersebut bisa masuk sebagai penghasilan negara yang lagi-lagi sebenarnya potensial untuk digarap sebagai lahan becek korupsi. Tentu nya bila Indonesia bisa memproduksi kendaraan bermotor sendiri, harga yang lebih terjangkau bisa tercapai dan lebih menutup kemungkinan adanya potensi korupsi tadi. Mobil saat ini di Indonesia dianggap sebagai barang mewah, dimana untuk negara-negara lain mungkin sudah menjadi salah satu kebutuhan alat transportasi.
Tidak hanya soal meningkatnya kemampuan masyarakat, kesejahteraan juga bisa lebih tercapai. Bukan kah sangat potensial bagi Indonesia untuk melakukan ekspor produk mobil nya suatu saat nanti? Apalagi bila ditemukan teknologi canggih dari karya anak bangsa. Ini semestinya menjadi tantangan baru bagi generasi muda saat ini, terutama mereka yang berkecimpung pada dunia otomotif untuk semakin berinovasi. Tidak hanya melihat produk dari orang lain saja, namun harus ada kemauan dan kemampuan untuk mengembangkan teknologi dunia otomotif supaya bisa lebih berkembang. Dengan cara ini, niscaya perkembangan industri otomotif di Indonesia akan semakin maju dengan progress yang lebih cepat.
Membicarakan dunia otomotif di Indonesia memang cukup menarik. Melihat dari yang sudah-sudah, kini saatnya memajukan industri otomotif nasional dengan bersama-sama melaju bersama. Pemerintah hendaknya memberikan dukungan penuh bagi mereka yang ingin menciptakan inovasi baru. Jaman ortodok sudah berlalu dan semestinya tidak adalagi pemikiran-pemikiran kolot yang akan memperhambat kemajuan teknologi otomotif ini. Bukankah suatu hal yang membanggakan bagi bangsa Indonesia bila ada gebrakan baru pada dunia otomotif? Apa pun itu, jangan pernah sia-siakan potensi anak bangsa. Berapa banyak lagi anak bangsa yang lebih memilih mengabdi di negeri orang daripada di negerinya sendiri? Akselerasi dunia otomotif di Indonesia hanya akan terwujud bila semua pihak, baik pemerintah, komunitas atau pun organisasi yang mewadahinya bisa saling BERSINERGI untuk membangun masa depan industri otomotif nasional yang lebih maju.
Tapi berkat adanya Indonesia International Motor Show atau yang sering disingkat dengan (IIMS) merupakan pameran sekaligus ajang untuk memamerkan dan menjual kendaraan bermotor roda 4 atau lebih yang diikuti oleh hampir seluruh Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) di Indonesia. Ajang IIMS yang diadakan setiap tahun selalu ditunggu-tunggu oleh penggemar kendaraan bermotor khususnya mobil.Dan juga berkat adanya Dyandra Promosindo yang menyelenggarakan pameran profesional terkemuka, berdiri sejak tahun 1994. Selama bertahun-tahun, Dyandra Promosindo telah menghasilkan track record mengesankan peristiwa nasional.Dengan adanya kedua pihak tadi tentu akan menghasilkan sinergi yang kuat untuk Otomotif di indonesia lebih maju lagi.

0 Replies to “Bangkitlah Dunia Otomotif Indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *